Allah Maha Baik

Monday, June 17, 2013

Help! I Lose My English

Sekian lama menjadi guru Bahasa Inggris sekolah menegah membuat saya jadi ikut-ikutan aneh, secara penggunaan bahasa Inggris di kelas sangat terbatas. Ini yang namanya gaul dengan tukang minyak wangi jadi wangi, gaul dengan tukang jual kambing jadi ikutan bau. Weh, saya sudah berupaya (mungkin tidak maksimal) untuk menjaga bahasa yang satu ini tetap awet di pikiran dan hati saya...huft, but lagi tidak mudah kawan. Sebuah bahasa bisa dengan mudah hilang jika tidak digunakan dalam interaksi sehari-hari kecuali bahasa ibu nampaknya.

Seperti pagi ini, saya diharuskan mengirim email pada instansi berbahasa inggris yang jelas-jelas tidak mengerti bahasa Indonesia. Gubrak, dari mulai mau nulis saja saya sudah bingung apalagi pas sampai pada basa basi, hingga kalimat-kalimat formal yang jauh dari alay yang biasanya saya pakai dengan teman-teman di sms atau jejaring sosial.


Well, terlintas di pikiran bagaimana kalau saya bekerja puluhan tahun disini, jangan-jangan cuma bisa bikin kalimat sederhana ala anak SMP atau ngomong jadi ikutan mentat mentut ga jelas. Saya tahu ini terdengar seperti saya terlalu berpikir sempit, namun this is happening. I am afraid I can't cope with this thing.

No comments:

Post a Comment