Allah Maha Baik

Tuesday, April 23, 2013

Dunia Kecilku

Kau tak akan pernah mengerti dunia seseorang sebelum masuk kemudian ikut berenang dalam arus orang tersebut.

Begitu pun duniaku, tidak ada yang mengerti sepenuhnya apa-apa yang ada didalamnya. Meski ada yang berusaha masuk, ada yang menunjukkan ia mempunyai selaksa pengertian yang siap membuka mata, pikiran serta hatinya untuk menerimaku, ia takkan pernah benar-benar mengerti.

Aku tidak terbiasa membagi duniaku dengan orang lain, tidak dengan siapapun. Ada banyak alasan untuk itu, karena pernah menderita terlalu percaya, karena pernah dikhianati atas ceritaku atau karena disepelekan. Aku tidak suka diabaikan. Pun semua orang kurasa. Tak ada yang mau diabaikan atau disia-siakan atas apa yang sudah ia torehkan di dunia yang luas ini. Setiap manusia butuh penghargaan dalam bentuk yang berbeda tentu saja, tergantung pada apa, dengan siapa ia bergaul, latar belakang keluarga atau pendidikan akan membentuk seseorang. Tidak bisa dipungkiri semua faktor saling berkaitan erat hingga tidak heran jika ditemukan seseorang tidak bisa dengan mudah merubah cara atau pandangan hidupnya terhadap sesuatu.

Aku pernah membaca seorang penulis berkata jika ingin memaki, jika ingin berghibah, jika ingin mengatakan sesuatu tapi terlampau sulit bagimu maka lakukan dalam dunia kecilmu saja. Kurasa aku setuju, bukankah memaki, menggunjing atau bergosip akan sangat buruk dan tentu saja ada hukum yang melarangnya tapi ia tampak seperti sesuatu yang biasa. Sesuatu yang lumrah lebih tampak biasa dibanding sesuatu yang berbeda tapi benar adanya. Aku juga suka dengan kalimat berikutnya tentang siapapun kesulitan mengungkapkan keinginannya maka bagi dalam duniamu. Dunia kecil yang hanya kamu yang tahu, mungkin ada yang mengintip dan merasa sok tahu tapi dia tidak akan pernah paham tentangmu.

Menyenangkan saat bisa berbahagia oleh hal-hal kecil, tanpa harus tertekan oleh siapapun, oleh kejadian buruk apapun. Dalam duniaku berbagi tetaplah menjadi penting entah itu hanya berbagi sebatang coklat dengan tetangga kecilku. Membagi apa yang dipunyai akan selalu mendatangkan kebahagiaan tersendiri. Aku tak suka memasuki dunia orang lain saat mereka tidak memaksaku melakukannya atau mereka tidak membuatku tertarik melakukannya. Aku juga tidak pernah menyakiti siapapun hingga mereka berani mengusik kedamaian dunia kecilku. Aku suka disini saja, meski tidak menutup kemungkinan bagiku untuk tetap membuka diri tanpa membagi sepenuhnya duniaku.

No comments:

Post a Comment