Allah Maha Baik

Tuesday, November 10, 2015

Ngomongin Soal Narasumber

Okay, makin sering menghadiri seminar, workshop, atau diklat, makin sering dipertemukan dengan berbagai jenis narasumber. Narasumber atau pembicara ini bisa saja berasal dari pusat, propinsi atau lokal. Asal tidaklah masalah jika pembicara benar menguasai materi yang disampaikan, tidak terlihat ragu, atau malah mencari alibi melakukan tugas lain yang tidak terarah.

Ok, ini cuma opini pribadi, no offense.
1. Keep talking no matter what.

Tipe pertama adalah tipikal wanita dan pria penyuka ceramah. Pembicara model ini akan berbicara dalam dua kategori, pertama berbicara dengan cara membaca slide, only. Yang kedua bercerita ala monolog tentang materi. Sebagian dari tipe ini bisa dibilang sangat menguasai materi cuma terlalu monolog dalam cara menyampaikan saja. Or ada juga yang sebenarnya bingung mau ngomong apa, sehingga beliau fokus sekali pada slide, tanpa dikurangi, mungkin sedikit ditambah.

Untuk tipe ini, ada yang berbicara tanpa memperhatikan pemirsa, situasi, panasnya udara, de el el, pokonya keep talking, yang penting kewajiban menyampaikan selesai. Ada juga yang lumayan interactive, yang ngeh kalau orang-orang di belakang udah pada bosan.

2. Tasks are the most effective guns.

Ada lagi yang terlalu suka ngasih tugas. Belum seberapa ngomong udah sibuk aja nyuruh bagi kelompok, bagi ini itu. In my view, ini tipe yang terburu-buru. Tentu menarik langsung kerja jika info yang disampaikan sudah cukup dan jelas. Tugas akan menyenangkan jika petunjuk yang diberikan jelas dan bisa diikuti. Kalau cuma ngasih tugas terus bahas bersama, kok kayaknya mending belajar di rumah yak.

3. I know you are there.

Ah, tipe ini ni yang makin langka. Memahami materi dengan baik dan menyampaikannya pun sangat interaktif. Sehingga sesekali dua dia keliru pun tak masalah. Pembicara ini menunjukkan bagaimana cara sesuatu bekerja baru memberi tugas. Tidak hanya itu, dia juga sangat suka membantu.

😴😥Kapan-kapan dilanjutkan, ngantuuuuk.

No comments:

Post a Comment